Outsourcing mengacu pada
sebuah perusahaan yang kontrak dengan perusahaan lain untuk menyediakan layanan
yang mungkin dilakukan oleh karyawan di-rumah. Banyak perusahaan besar sekarang
outsourcing pekerjaan seperti layanan call center, layanan e-mail, dan penggajian.
Pekerjaan ini ditangani oleh perusahaan terpisah yang mengkhususkan diri pada
setiap layanan, dan seringkali berada di luar negeri.
MENGAPA PERLU OUTSOURCING?
Ada banyak alasan bahwa
perusahaan-perusahaan meng-outsource berbagai macam pekerjaan, tetapi tampaknya
keuntungan yang paling menonjol penghematan uang. Banyak perusahaan yang
menggunakan jasa outsourcing dapat melakukan pekerjaan dengan uang yang lebih
sedikit, karena mereka tidak harus memberikan manfaat untuk pekerja mereka dan
tidak khawatir dengan biaya overhead yang lebih sedikit.
Outsourcing juga memungkinkan
perusahaan untuk berfokus pada isu-isu bisnis lainnya sementara yang detail
ditngani oleh para ahli dari luar. Ini berarti bahwa sejumlah besar sumber daya
dan perhatian, yang mungkin jatuh di atas bahu profesional di bidang manajemen,
dapat digunakan untuk yang lebih penting, masalah yang lebih luas dalam
perusahaan. Perusahaan khusus yang menangani pekerjaan outsourcing sering
efisien, dan seringkali memiliki kemampuan kelas dunia dan akses terhadap
teknologi baru bahwa perusahaan tidak mampu membeli sendiri. Plus, jika sebuah
perusahaan ingin memperluas, outsourcing adalah cara yang efektif untuk memulai
pondasi bangunan di negara lain.
Organisasi yang outsourcing yang mencari untuk mewujudkan
manfaat atau alamat isu-isu berikut:
* Penghematan biaya * - Penurunan biaya
keseluruhan pelayanan untuk bisnis. Hal ini akan mengurangi ruang lingkup,
mendefinisikan tingkat kualitas, harga kembali, re-negosiasi, dan biaya
re-strukturisasi. Akses untuk menurunkan ekonomi biaya melalui offshoring
disebut "tenaga kerja arbitrase" yang dihasilkan oleh kesenjangan
upah antara negara-negara industri dan negara-negara berkembang.
*Fokus pada Core Bisnis - Sumber (untuk investasi
misalnya, orang, infrastruktur) dapat difokuskan pada pengembangan bisnis inti.
Sebagai contohnya sering organisasi meng-outsource IT Support mereka ke
Perusahaan yang memiliki spesialisi di bidang IT Service.
* Restrukturisasi Biaya - leverage Operasi adalah
sebuah pengukuran dengan membandingkan biaya tetap terhadap biaya yang
berubah-ubah. Outsourcing mengubah keseimbangan rasio ini dengan menawarkan
sebuah perpindahan dari biaya tetap ke biaya yang berubah-ubah dan membuat
biaya yang berubah-ubah lebih mudah diprediksi.
* Meningkatkan kualitas - Mencapai sebuah
perubahan tinggi dalam kualitas melalui kontrak layanan dengan kesepakatan
tingkat layanan yang baru
Sumber :
www.agathis.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar