Minggu, 05 Mei 2013

Firefox Operation System








Firefox OS - Sistem Operasi Dari Mozilla Firefox - Dengan dukungan sejumlah perusahaan telekomunikasi besar, Mozilla meluncurkan sistem operasi mobile bernama Firefox OS. Dengan Platform yang berbasis pada standar web terbuka dan aplikasinya dikembangkan dengan teknologi HTML5 itu akan tersedia secara gratis.

Firefox OS ini kabarnya akan di luncurkan awal tahun 2013 mendatang. Bagi Anda yang penasaran ingin melihat bagaimana tampilan interface dari Mozilla Firefox OS anda bisa melihat beberapa screenshoot yang menunjukkan berbagai tampilan antarmuka dari sistem operasi Mozilla.

Firefox OS merupakan penamaan ulang dari proyek "Boot to Gecko" (B2G), yang pada mulanya juga proyek sistem operasi mobile berbasis web terbuka dari Mozilla. Proyek B2G diumumkan Mozilla pada 25 Juli 2011.

Organisasi yang berkantor di Mountain View, Amerika Serikat ini mengatakan, Firefox OS akan menjadi ekosistem mobile yang sepenuhnya terbuka. Dibangun sepenuhnya pada standar web terbuka dan aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi HTML5.

Mozilla berharap dapat membuka peluang bagi pengembang aplikasi untuk membangun aplikasi di Firefox OS. Mereka pun telah merancang toko aplikasi online yang kelak diberi nama Firefox Marketplace.

Segenap dukungan telah didapat Mozilla untuk proyek Firefox OS. Produsen perangkat mobile ZTE dan TCL, yang keduanya berasal dari China, siap memproduksi perangkat bersistem operasi Firefox OS. Kedua produsen akan menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm. Para pendukung berharap dapat merilis ponsel pintar Firefox OS tahun 2013.

Beberapa operator seluler juga menyuarakan dukungan untuk Firefox OS. Ada Deutsche Telekom (induk perusahaan T-Mobile), Etisalat (yang beroperasi di 18 negara termasuk Timur Tengah, Asia dan Afrika), Sprint di Amerika Serikat, dan Telefónica di Spanyol.




Kehadiran Firefox OS memang makin membuat persaingan di kancah sistem operasi mobile semakinn ramai. Meski demikian, CEO Mozilla Gary Kovacs tetap yakin bahwa Firefox OS masih punya peluang di tengah persaingan pasar OS yang kian sengit.

Firefox OS rencananya bakal di launching untuk pertama kali di Brazil melalui salah satu operator di sana, yaitu Telfonica. Kita tunggu saja kehadiran Firefox OS di tahun 2013. Dan kita lihat apakah mampu bersaing dengan pasaran Sistem Operasi Android ataupun iOS yang kini telah menguasai pasar smartphone dunia.

Sumber : http://www.kartuseluler.com
                http://tekno.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar