Kamis, 31 Januari 2013

Keamanan Website Kepresidenan

Beberapa minggu yang lalau tepatnya Rabu, 9 Januari 2013 sekitar pukul 09.00 WIB, situs Kepresidenan RI (www.presidensby.info) tidak bisa diakses. Hal ini disebabkan adanya hacker yang menyusup ke dalam situs ini. Situs penyedia informasi dan berita terkait orang nomor satu di Republik Indonesia ini sempat dihack oleh kelompok yang menamakan diri mereka jemberhacker team.
Saat browsing ini gambar yang terjadi saat di hack



Kita perlu bertanya-tanya juga mengapa situs presiden menggunakan domain .info ? bukan co.id ? Namum menurut Pak I Made Wiryana yang merupakan konsultan pembuatan situs kepresidenan yang juga merupakan dosen Gunadarma,  penggunaan domain  .info karena sedang menunggu kelahiran domain resmi kepresidenan tetapi karena sudah banyak yang mengetahuinya jadi www.presidensby.info domain itu masih dipakai , sementara menurut beliau DNS situs Presiden SBY di Amerika Serikat yang diserang.

DNS (Domain Name System) adalah sebuah layanan internet yang mengubah sebuah nama domain yang mudah diingat menjadi alamat Internet Protocol (IP) numerik yang digunakan oleh komputer untuk berkomunikasi satu sama lain.
Jadi bisa dibilang penunjuk arah ke situsnya yang diserang. Kalau situsnya sendiri tidak ada masalah, data tidak ada yang diambil dan dihapus . dan situs ini merupakan salah satu dari situs pak presiden sementara situs utamanya www.presidenri.go.id

sumber :
http://inet.detik.com
http://koranbaru.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar